Apakah yang menjadi gejala dan ciri khusus Ankylosing Spondylitis ?

Apakah yang menjadi gejala Ankylosing Spondylitis dan ciri khusus apakah yang membedakan AS dengan sakit pinggang atau sakit punggung yang lain?
Penyakit AS adalah penyakit progresif. Artinya, jika penyakit ini tidak ditangani dengan baik, maka dengan bertambahnya waktu, gejala-gejalanya akan menjadi semakin memburuk. Secara khusus, nyeri mulai dirasakan pada area panggul dan pinggang bagian bawah. Berbeda dengan nyeri yang biasa menyerang pinggang atau nyeri punggung lainnya, nyeri AS semakin memburuk setelah beristirahat atau ketika bangun tidur. Tapi nyeri akan berkurang atau membaik jika habis berolahraga atau aktif bergerak.

Sumber: http://www.stemrx.in/images/as1.jpg

Secara khusus, nyeri akan datang bertahap. Sekali penyakit AS ini menetap, akan terjadi pola dengan periode khusus dimana pada satu periode kondisi tubuh baik dan periode lainnya gejala memburuk. Gejala peradangan, nyeri, kaku dan ketidaknyamanan akan datang dan pergi. Tapi setelah beberapa tahun, jika dibiarkan peradangan akan merambat naik ke tulang belakang. Perlahan-lahan akan mengakibatkan nyeri yang semakin kuat dan membuat gerakan menjadi lebih terbatas.
Gejala-gejala AS tidak sama pada setiap orang. Berikut beberapa varian gejala yang mungkin terjadi (mohon jangan stress ketika membaca bagian ini):
  • · Ketika tulang belakang bagian bawah mulai kaku dan menyatu: Pasien AS tidak dapat menyentuhkan jari-jarinya ke permukaan lantai dari posisi tubuh berdiri.
  • ·  Ketika rasa nyeri dan kekakuan meningkat: Pasien AS mulai kesulitan untuk tidur dan diganggu oleh kelelahan.
  • ·  Jika tulang rusuk sudah terkena: Pasien AS mungkin kesulitan untuk menarik napas dalam-dalam.
  • ·  Jika AS sudah menyebar lebih jauh pada area tulang belakang: Tergantung postur tubuh ketika terjadi penyatuan. Jika sering tidak menjaga postur tubuh, pasien AS akan mungkin memiliki postur tubuh yang bungkuk. Jika menjaga postur selalu tegak, pasien AS mungkin tidak terlalu bungkuk.
  • ·  Jika AS sudah mencapai ruas tulang belakang atas (servikal): pasien AS mulai sulit menggerakkan leher ke kiri dan ke kanan (menoleh) atau ke atas (mendongak) dan ke bawah (menunduk).
  • · Jika peradangan sudah mempengaruhi tulang panggul, lutut dan pergelangan kaki: pasien AS mungkin merasakan nyeri dan kekakuan di lokasi tersebut.
  • · Jika peradangan sudah menjalar ke kaki: pasien AS mungkin akan merasa nyeri di tumit dan bagiah telapak kaki.
  • · Jika peradangan memperngaruhi pencernaan: pada pencernaan pasien AS mungkin akan timbul kejang perut atau diare, kadang-kadang dengan diare atau lendir pada faeces.
  • · Jika peradangan mempengaruhi mata: pasien AS tiba-tiba terkena sakit mata, sensitive terhadap cahaya, dan pandangan menjadi kabur. Jangan tunda. Segera hubungi dokter Anda. Hal ini sangat penting. Tanpa perawatan mata yang memadai, peradangan mata (uveitis) dapat mengarah kepada kebutaan permanen.


Jika mengalami salah satu dari gejala-gejala yang disebutkan di atas, dan sebelumnya pasien belum pernah mengalaminya; segera hubungi dokter rematologi dan spesialis yang terkait.

1 komentar:


wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan terutama ankylosing spondylitis
Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
http://goldengamatemasmitoha.com/pengobatan-ankylosing-spondylitis/

Posting Komentar

STAND TALL Jilid -1

STAND TALL Jilid -1
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

PESAN BUKU STAND TALL ! JILID 1 DAN 2 DI TOKOPEDIA

STAND TALL Jilid- 2

STAND TALL Jilid- 2
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

BELI BUKU STAND TALL ! 1 SET DI BUKALAPAK.COM