Pengantar II Buku Ankylosing Spondylitis oleh President Commissioner Bethsaida Hospital

KATA PENGANTAR II

Oleh: Eddy Sindoro, MBA


S
udah banyak usaha yang dilakukan pemerintah dan berbagai lembaga kesehatan [ rumah sehat (hospital) dan klinik kesehatan ] di Indonesia melalui brosur-brosur, seminar-seminar untuk mendidik masyarakat awam dan pelatihan-pelatihan untuk melatih pasien sehingga dapat memahami serta mampu mengelola penyakit kronis. Khususnya penyakit kronis yang umum terjadi seperti: penyakit jantung, kanker, diabetes, asma dan rematik.
Dengan bekal pengetahuan manajemen penyakit yang lebih baik akan membuat pasien penyakit kronis lebih termotivasi untuk memahami penyakitnya, mengelola penyakitnya, dan meminimalkan dampak negatifnya berdasarkan pengetahuan ilmiah dan pengalaman praktik penderita lainnya serta meningkatkan kualitas komunikasi dan kerja sama antara dokter dan pasien sebagai satu tim yang efektif.
Seperti dijelaskan di sepanjang buku ini, Ankylosing Spondylitis (AS) adalah penyakit rematik kronis yang membuat penderita merasa kesakitan dan sampai saat ini belum ditemukan obatnya sehingga bisa membuat penderitanya menderita stres berkepanjangan.
Karena perkembangan penyakit AS  sangat lambat dan tidak kentara (perlu waktu 8-11 tahun hingga bisa didiagnosis dengan tepat), seringkali penyakit ini tidak terdeteksi atau salah didiagnosis sebagai penyakit lainnya. 
Selain itu, sedikit sekali informasi yang tersedia tentang penyakit AS di Indonesia; sehingga menimbulkan berbagai asumsi dan mitos yang tidak jarang malah membuat pasien AS yang sudah kelelahan (fatigue) menghadapi akibat penyakit ini, mengalami depresi dan tergoda untuk melakukan terapi alternatif yang tidak tepat dan/atau terkadang tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Buku yang ditulis berdasarkan hasil riset tentang ilmu pengetahuan AS terkini dari para ahli AS di Jerman, Inggris dan Amerika Serikat ini adalah satu contoh nyata dari hasil karya dua orang pasien AS yang memilih untuk tidak menyerah dan berupaya untuk berstrategi sebenar dan sebaik mungkin untuk menghadapi bahkan dengan harapan suatu kali mampu mengatasinya; yang bermotif luhur untuk menolong sesama pasien AS dan menginspirasi setiap insan kesehatan terkait untuk memahami penyakit yang berprevalensi 1 dari 200 orang ini dari sudut pandang seorang penderita AS.
Saya yakin dan berharap buku ini akan menjadi berkat besar bagi setiap pasien AS, pendamping dan sanak keluarga serta praktisi kesehatan di Indonesia yang berminat memahami AS dalam bahasa yang mudah dimengerti.
Kiranya buku ini juga dapat memotivasi dokter-dokter spesialis di Indonesia untuk menulis berbagai buku manajemen berbagai penyakit dari sudut pandang kedokteran dengan bahasa awam, sehingga meningkatkan kualitas komunikasi dokter dan pasien untuk membantu membangun dan mencapai pola hidup sehat yang lebih bermutu di Indonesia.


Eddy Sindoro, MBA
Chief Executive Officer Paramount Group



0 komentar:

Posting Komentar

STAND TALL Jilid -1

STAND TALL Jilid -1
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

PESAN BUKU STAND TALL ! JILID 1 DAN 2 DI TOKOPEDIA

STAND TALL Jilid- 2

STAND TALL Jilid- 2
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

BELI BUKU STAND TALL ! 1 SET DI BUKALAPAK.COM