10 Hal Tentang Ankylosing Spondylitis yang dapat Ditanyakan ketika Mengunjungi Dokter Anda

Sumber: http://www.anamedstore.com/foto_berita/konsultasi.jpg


Naskah original: http://www.healthline.com/health/ankylosing-spondylitis/doctor-questions

Ditulis oleh Linda Andrews

Direvivew secara Medis Oleh George Krucik, MD

Anda telah didiagnosa terkena AS (Ankylosing Spondylitis), suatu bentuk artritis yang menyebabkan peradangan pada sendi tulang belakang. Tapi memberi nama untuk nyeri punggung Anda hanyalah permulaan. Masih banyak yang harus dipelajari untuk merawat tulang punggung dan memanfaatkan yang terbaik dari perawatan medis yang bakal Anda terima. 



Semakin baik anda mendidik diri sendiri, semakin baik pula Anda dapat mengelola rasa nyeri yang Anda rasakan sekarang dan mengurangi masalah serius di kemudian hari.


Di bawah ini dituliskan 10 pertanyaan kunci untuk ditanyakan kepada dokter Anda tentang AS. Tambahkan pertanyaan Anda sendiri dan buatlah daftar utama pertanyaan Anda sendiri jika membuat janji temu berikutnya dengan dokter Anda.

Apa yang perlu diketahui Dokter tentang nyeri punggung saya?
Informasi yang Anda berikan kepada dokter sangat penting. Ini membantu dokter Anda memilih rencana perawatan untuk Anda dan mengukur seberapa baik rencana itu dapat terlaksana. Antara lain, dokter Anda ingin tahu berapa lama Anda sudah merasa nyeri, di bagian mana persisnya nyeri yang Anda rasakan, kapan Anda merasa lebih baik (seperti setelah latihan / exercise) dan kapan nyeri lebih terasa bagi Anda (misalnya ketika pertama bangun tidur di pagi hari).

Apakah ada tes medis yang dapat mengkonfirmasi diagnosis saya ?
Diagnosis AS sebagian besar didasarkan pada riwayat medis Anda dan pemeriksaan fisik. Tidak ada tes tunggal yang dapat mengatakan dengan pasti apakah Anda memiliki penyakit. Namun dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan Anda untuk melakukan foto sinar X (rontgent), CT Scan atau scanning MRI, atau tes darah untuk memastikan ketepatan diagnosis dan mengeliminasi kemungkinan kondisi AS disebabkan oleh gejala penyakit lainnya.

Mungkinkah nyeri punggung disebabkan oleh masalah selain AS ?
Gejala utama dari AS adalah rasa nyeri dan kekakuan. Namun, penyakit ini juga dapat menyebabkan berbagai gejala lain di seluruh tubuh. Misalnya, kadang-kadang menyebabkan nyeri pada sendi lain, nyeri pada tumit atau nyeri dada, masalah pada mata dan terjadinya kelelahan. Jika Anda memiliki gejala tambahan, tanyakan kepada dokter Anda apakah gejala tersebut masih berhubungan dengan AS.

Jenis obat apa yang Dokter rekomendasikan untuk saya?
Pengobatan untuk AS biasanya melibatkan meminum obat. Namun ada beberapa jenis kelompok obat yang berbeda. Terkadang jenis obat tertentu dapat bekerja lebih baik untuk Anda daripada jenis obat yang lain. Jika dokter Anda meresepkan obat, pastikan Anda tahu dimana kelompok obat itu. (misalnya: NSAID (Non Steroidal Anti Inflammation Drug) / obat anti - inflamasi non steroid, bio-agent atau tumor necrosis factor inhibitor, dsb), bagaimana cara kerjanya, dan mengapa pengobatan itu adalah pilihan terbaik untuk mengatasi kondisi AS Anda.

Apa saja risiko dan manfaat dari obat-obatan ini ?
Jika Anda diberi resep obat, juga pastikan Anda tahu berapa dosisnya, kapan waktu meminumnya, dan apakah ada tindakan pencegahan khusus /pantangan khsusus yang harus ditaati. Selain itu, Anda harus memahami apa manfaat yang diharapkan, apa efek samping yang harus diperhatikan, dan kapan harus menghubungi dokter Anda jika terjadi kelainan atau masalah.

Jenis latihan yang harus saya lakukan ?
Bila Anda terkena AS, berolahraga dan peregangan (stretching) memainkan peran kunci dalam mengelola rasa nyeri dan mempertahankan fleksibilitas tubuh Anda. Kedua, latihan penguatan anggota tubuh dan berbagai jenis latihan peregangan yang penting untuk menjaga rentang gerakan leher atau tubuh Anda. Tanyakan kepada dokter Anda untuk rekomendasi latihan dan kegiatan khusus. Kadang-kadang, suatu rujukan ke ahli terapi fisik / dokter fisioterapi dapat membantu.

Langkah apa yang bisa saya lakukan untuk menjaga postur tubuh yang baik ?
Berlatih postur yang baik adalah bagian integral dari pengelolaan AS. Dokter atau ahli terapi fisik dapat merekomendasikan latihan untuk membantu mempertahankan postur yang baik. Selain itu, pastikan Anda tahu bagaimana memonitor postur tubuh sehingga Anda dapat mendeteksi perubahan awal, sebelum tulang belakang Anda menjadi kaku dalam posisi yang abnormal .

Apa lagi yang bisa saya lakukan untuk menjaga tulang belakang saya ?
Gaya hidup Anda secara keseluruhan mempengaruhi kesehatan tulang belakang Anda. Misalnya, jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan beberapa kilogram dapat membantu mengurangi beberapa penyebab nyeri sendi. Jika Anda merokok, berhenti merokok dapat membuat Anda lebih mudah untuk bernapas; yang sangat penting terutama jika kapasitas paru-paru Anda sudah dibatasi oleh penyempitan tulang rusuk karena AS di tubuh Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang perubahan gaya hidup sehat yang membantu Anda hidup dengan baik dalam mengelola penyakit Anda.

Apa prospek untuk kesehatan saya di masa depan ?
AS adalah penyakit progresif, yang berarti bahwa ia cenderung menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Namun, kadang-kadang masih memungkinkan untuk mencegah atau menunda perkembangan AS ini, terutama jika Anda memulai terapi pengobatan dan terapi latihan sejak dini. Pada setiap tahap, pengobatan juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan kualitas hidup. Tanyakan tentang tujuan pengobatan dokter Anda untuk Anda.

Di mana saya dapat menemukan informasi lebih lanjut dan dukungan ?
Dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan dokter spesialis lokal dan kelompok pendukung (support group). Jika belum ada, hubungi penulis untuk rekomendasi dokter di area Jabotabek dan support group online. Ketika Anda hidup dengan AS, pengetahuan Anda tentang manajemen AS benar-benar memegang peranan yang sangat penting.













0 komentar:

Posting Komentar

STAND TALL Jilid -1

STAND TALL Jilid -1
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

PESAN BUKU STAND TALL ! JILID 1 DAN 2 DI TOKOPEDIA

STAND TALL Jilid- 2

STAND TALL Jilid- 2
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

BELI BUKU STAND TALL ! 1 SET DI BUKALAPAK.COM