Perawatan Chiropractic: Apakah Cocok Buat Pasien AS ?



Beberapa orang pasien AS ada yang bersumpah akan kemanjuran sesi chiropractic reguler, tetapi mayoritas dokter rematologi tidak pernah merekomendasikan perawatan ini untuk Ankylosing Spondylitis.

Dr Muhammad Asim Khan, yang salah satu bukunya juga menjadi referensi buku ini; seorang dokter spesialis rematologi dan juga menjadi pasien AS sejak kecil menyatakan:

"Siapapun dengan mobilitas tulang belakang terbatas karena [spondylitis] harus menghindari manipulasi punggung mereka atau leher mereka oleh ahli tulang (chiropractor) dan pemijat tulang karena bisa berbahaya," [i]

Dr Khan menjelaskan bahwa perawatan chiropractic kadang-kadang secara tidak sengaja menyebabkan tulang belakang menjadi patah dan timbulnya komplikasi neurologis, terutama pada individu pasien AS yang tulang belakangnya sudah menjadi satu (fusion) karena spondylitis.

Penulis sebelum membaca pendapat Dr. Khan di atas pernah mencoba 17 sesi @ 1 jam terapi chiropractic di salah satu plaza di Jakarta Selatan tahun 2009. Kunjungan pertama dan kedua rasanya badan lebih enteng. Setelah kunjungan ke 3-17 tidak ada perubahan yang berarti. Akhirnya berhenti sendiri karena tidak ada perubahan lagi dan merasa bosan.


Sumber foto: http://healthychoicechiro.com/uploads/3/3/2/4/3324917/2024508_orig.png


[i] Muhammad Asim Khan, Ankylosing Spondylitis: The Facts, hal. 52.


1 komentar:

I am very much pleased with the contents you have mentioned.if you want more information something like visit back pain denver get more details.

Posting Komentar

STAND TALL Jilid -1

STAND TALL Jilid -1
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

PESAN BUKU STAND TALL ! JILID 1 DAN 2 DI TOKOPEDIA

STAND TALL Jilid- 2

STAND TALL Jilid- 2
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

BELI BUKU STAND TALL ! 1 SET DI BUKALAPAK.COM